fbpx

Sunset Property: Kawasan yang Dihindari untuk Hunian dan Bisnis

sunset property jakarta

Sunset Property: Kawasan yang Dihindari untuk Hunian dan Bisnis

Memilih lokasi yang tepat untuk kebutuhan hunian dan bisnis memang gampang-gampang susah. Lokasi yang murah tentu menggiurkan karena dapat disesuaikan dengan bujet Anda. Namun, jangan sampai Anda terjebak membeli sunset property yang rentan menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Meskipun istilah sunset property masih terasa asing, sebenarnya sudah banyak orang yang mengetahui karakteristik kawasan tersebut. Jika Anda belum memahami seluk beluk sunset property, ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda sehingga lebih teliti sebelum menentukan pilihan.

Mengenal Definisi Sunset Property

sunset property

Sumber: kompas

Sunset property adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kawasan perumahan dan bisnis yang sudah tidak berkembang, bahkan mulai ditinggalkan oleh para penghuninya. Pada awalnya, kawasan tersebut pernah menjadi lokasi yang strategis untuk hunian dan bisnis. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat menemukan kawasan yang lebih strategis dan potensial sehingga lokasi lama mulai ditinggalkan. Hingga akhirnya kawasan lama tersebut menjadi sepi dan kurang diminati.

Ciri-Ciri Kawasan Kurang Potensial untuk Hunian dan Bisnis

kota besar

Sumber: ID Travel

Ada beberapa ciri khas sunset property yang harus Anda cermati sebelum membeli, yaitu:

  • Usia bangunannya sudah lebih dari 20 tahun. Desain eksteriornya terkesan usang, tua, dan kurang menarik. Hal ini menjadi salah satu pemicu yang membuat suatu kawasan semakin ditinggalkan. Biasanya bentuk bangunan tersebut juga tak boleh diubah oleh pemerintah daerah setempat karena sudah menjadi bagian dari cagar budaya, misalnya kawasan Kota Tua Jakarta. Namun, sebenarnya ada pula kawasan tua yang tetap potensial untuk hunian dan bisnis, contohnya Kebayoran Baru.
  • Proses renovasi tidak dapat meningkatkan nilai jual properti di kawasan tersebut sebab masyarakat sudah menemukan lokasi properti baru yang lebih strategis. Di DKI Jakarta, fenomena ini terjadi di daerah Senen dan Jatinegara.
  • Tak banyak masyarakat yang bermukim di daerah sunset. Aktivitas yang dilakukan hanya berupa perdagangan kelas rendah, terutama bagi pedagang kaki lima.
  • Ruko-ruko yang terdapat di kawasan tersebut tidak dimanfaatkan sebagai lokasi jual beli, melainkan hanya sebagai gudang tempat menyimpan persediaan barang.
  • Proses pembangunannya terbilang kurang sinkron, misalnya membangun gedung perkantoran baru di kawasan pergudangan.
  • Harga properti di kawasan sunset sulit menanjak seiring berjalannya waktu. Lebih parahnya lagi, ada pula yang dijual dengan harga sangat murah karena lingkungan yang sepi dan rawan bencana alam seperti banjir dan kebakaran.
  • Akses transportasi umum berupa Transjakarta, MRT, KRT, atau angkutan umum lainnya terbilang sulit. Hal ini pula yang membuat semakin banyak orang memutuskan pergi dari kawasan tersebut.

Pahami Hal-Hal Ini saat Berencana Membeli Objek Properti

sunset property

Sumber: Investasian

Kalau Anda tak ingin lalai membeli sunset property yang kurang menguntungkan, sebaiknya Anda memahami beberapa hal penting ini terlebih dahulu:

  • Jangan mudah tergoda dengan harga murah yang ditawarkan kepada Anda. Harga murah tersebut ditawarkan karena sang penjual sudah mengetahui risiko yang bisa disebabkan oleh kawasan properti stagnan.
  • Akses transportasi umum juga tak boleh diabaikan ketika membeli objek properti. Meskipun tidak dilintasi rute transportasi umum massal, setidaknya kawasan properti pilihan Anda harus benar-benar aman serta mudah dijangkau oleh ojek dan taksi online.
  • Menyiapkan rencana peruntukan bangunan yang tepat, misalnya menjadikannya sebagai gudang karena kapasitasnya besar dan cukup mudah diakses karena letaknya dekat dengan jalan raya.
  • Jika Anda sudah memutuskan akan membeli suatu properti di kawasan sunset, usahakan membeli properti siap huni supaya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk renovasi.
  • Bila Anda masih memiliki sisa bujet usai membeli properti, tak ada salahnya merencanakan renovasi supaya tampilan bangunan lebih menarik. Hal ini dapat Anda lakukan jika tak ada larangan dari pemerintah setempat untuk melakukan renovasi.

Kesimpulannya, Anda harus benar-benar cermat saat memilih kawasan untuk hunian atau bisnis. Jangan sampai terjebak dengan sunset property yang dibanderol dengan harga murah padahal potensinya terus menurun setiap tahun.

No Comments

Post a Comment