fbpx

6 Tips Membuat Desain Kamar Anak Remaja Inspiratif

desain kamar anak remaja modern minimalis putih

6 Tips Membuat Desain Kamar Anak Remaja Inspiratif

Remaja identik dengan kebebasan ekspresi dan waktunya mereka mencari jati diri. Bagi anak remaja, kamar tidur bukanlah sekadar tempat untuk tidur, melainkan tempat terbaik untuk melarikan diri dari dunia yang penuh tuntutan dan aturan. Kebutuhan anak remaja pun berkembang dan mereka membutuhkan desain kamar yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan serta hobi mereka.

Maka dari itu, dalam mendesain kamar remaja dibutuhkan perspektif desain dari sudut pandang remaja untuk bisa menghasilkan desain kamar tidur yang paling ideal. Orang tua perlu menggali apa yang disukai oleh anak, apa yang menjadi hobi mereka, dan sebagainya. Yuk, lihat beberapa inspirasi desain kamar anak remaja yang bisa Anda tiru berikut ini.

1. Jadikan Sebagai Tempat Nyaman

desain kamar anak remaja modern warna warni

Sumber: freshome

Di usia remaja, anak-anak biasanya lebih sering menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya. Agar mereka lebih betah di rumah, Anda bisa lho membuat desain kamar tidur remaja yang juga bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong asyik. Pilih kasur dua tingkat yang dapat menghemat ruangan kamar dan manfaatkan kasur bawah sebagai tempat nongkrong yang nyaman. Lengkapi pula kasur dengan beberapa bantal kecil. Ide lainnya, Anda bisa menambahkan bean bag di atas karpet kamar sebagai tempat nongkrong yang nyaman di kamar.

2. Hias Dinding Sesuai dengan Hobi

kamar tidur dengan gitar

Sumber: dreamstime

Tak hanya sebagai tempat untuk beristirahat, kamar tidur remaja juga kerap dijadikan tempat untuk mengekspresikan diri dan kreativitas mereka di masa muda. Untuk itu, tambahkan juga elemen kreatif sesuai hobi dan kesenangan mereka pada desain kamar. Remaja pria kerap memasang banyak poster di dinding kamar. Sementara itu, remaja putri kerap memasang foto artis kesukaan mereka. Mural, lukisan dinidng, atau artwork dinding juga bisa menjadi alternatif untuk memberikan daya tarik tersendiri pada kamar.

3. Harus Multifungsi

desain kamar perempuan

Sumber: loveproperty

Remaja membutuhkan kamar yang dapat memfasilitasi seluruh kebutuhannya. Kamar harus bisa menjadi tempat untuk belajar, berkumpul bersama teman, bermain, bersantai, atau menghabiskan waktu. Maka dari itu, desain kamar anak remaja harus dibuat multifungsi. Tempatkan meja belajar yang tergabung dengan rak buku di dekat jendela sebagai ruang belajar. Lengkapi juga kamar dengan lemari pakaian dan kaca rias agar remaja bisa lebih bebas berekspresi dengan style yang sesuai dengan karakter dirinya. Jika perlu, tambahkan juga fasilitas modern seperti televisi atau proyektor untuknya menikmati film favorit di kamar.

4. Terapkan Konsep Modern Minimalis

desain ruangan modern minimalis

Sumber: homedit

Ingin kamar anak dapat bertahan lama? Desain kamar tidur modern minimalis dapat menjadi pilihan aman yang dapat dipertahankan setiap saat. Warna-warna yang kalem serta tatanan furniture yang minimalis sesuai kebutuhan sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Tak hanya tahan lama, kamar dengan desain yang simpel seperti ini juga akan memudahkan dalam perawatan kamar tidur karena akan lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, kamar pun bisa terlihat lebih luas, lapang, dan cerah sehingga lebih nyaman.

5. Pastikan Storage Memadai

kamar nuansa pink dengan kabinet

Sumber: hammonds-uk

Anak mempunyai banyak koleksi buku atau mainan? Salah satu kunci kenyamanan dari kamar tidur adalah terdapat banyak tempat penyimpanan. Storage yang memadai akan membuat kamar tidur lebih rapi dan tertata dengan baik. Unsur ini sangat penting untuk diperhatikan karena pasti mereka membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan segudang koleksi dan juga pernak-pernik yang digunakan sehari-hari. Anda bisa menggunakan tempat tidur dengan tambahan tempat penyimpanan di bagian bawahnya, lemari minimalis di samping tempat tidur, atau rak gantung yang dapat menyimpan berbagai barang di dinding.

6. Teliti dalam Memilih Warna

desain kamar anak remaja

Sumber: contemporist

Dalam memilih warna untuk kamar, sebaiknya pertimbangkan selera dan keinginan anak remaja. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan efek yang diberikan tiap warna pada sebuah ruangan. Warna terang dan netral cenderung dapat memberikan efek lega pada ruangan. Apabila ingin mencampurkannya dengan warna yang lebih berani seperti merah, pink, ungu, biru tua, dan sebagainya, pastikan Anda hanya menggunakannya sebagai warna aksen atau sampingan. Mengaplikasikan terlalu banyak warna vibrant akan membuat kamar terlihat lebih sempit dan sesak.

Itulah tadi beberapa tips desain kamar anak remaja yang bisa Anda aplikasikan. Ayo, mulai mendekorasi!

No Comments

Post a Comment