fbpx

7 Ide Desain Dapur Sederhana yang Minimalis

7 Ide Desain Dapur Sederhana yang Minimalis

Punya lahan terbatas tapi tetap ingin membuat dapur yang indah dan fungsional? Sebagai salah satu ruang terpenting dalam sebuah hunian, keterbatasan ruang dan fungsi dari dapur sering membuat banyak penghuni frustasi. Dapur dengan luas yang terbatas juga kerap tidak mengedepankan kebutuhan pengguna dapur secara total. Untuk mengakali luas yang terbatas, tak hanya desain saja yang harus Anda utamakan, tetapi juga fungsi dapur itu sendiri. Butuh inspirasi dalam menciptakan desain dapur sederhana yang cantik namun tetap nyaman saat digunakan? Yuk, disimak.

1. Aplikasikan Tema Monokrom

desain dapur sederhana monokrom

Sumber: wrenkitchens

Mau membuat tampilan dapur lebih luas? Aplikasikan aja desain monokrom yang modern. Warna-warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu bisa memberikan kesan bersih dan lapang pada dapur. Gunakan furniture dan warna tembok dengan perpaduan hitam dan putih. Anda juga bisa menambahkan meja atau countertop dari material marmer untuk menambahkan kesan mewah dan elegan. Warna-warna monokrom ini juga sangat cocok dipadukan dengan unsur-unsur alami seperti kayu dan tanaman. Menyelipkan unsur alami pada dapur akan menambahkan kesegaran alaminya yang sederhana.

2. Tambahkan Meja Bar

dapur dengan meja bar

Sumber: decorationchannel

Desain dapur yang sederhana harus tetap disesuaikan dengan keinginan personal agar bisa memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Nah untuk menghemat ruang, Anda bisa menambahkan meja bar yang berfungsi sebagai meja makan di bagian dapur. Anda pun tak perlu merancang meja khusus untuk membuat area bar dapur. Cukup sisakan saja area kosong pada countertop dan tambahkan beberapa kursi bar di depannya. Selain sebagai ruang makan, area ini pun bisa menjadi tempat Anda dan keluarga berkumpul bersama sambil menyiapkan makanan. Seru ‘kan?

3. Sesuaikan Letak Dapur

desain dapur sederhana minimalis

Sumber: elledecor

Desain dapur harus benar-benar memerhatikan alur kerja penggunanya. Pastikan tatanan dapur Anda saling mendukung, karena jika tidak, bisa jadi Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu saat memasak atau bahkan stres akibat proses memasak yang tidak efisien. Untuk itu, Anda perlu mempelajari gaya memasak atau cara kerja Anda biasanya di dapur.

Desain dapur yang personal harus menjawab flow atau alur kerja yang benar. Contohnya saja, letak tempat memasak yang bersebelahan atau berseberangan dengan wastafel atau area mencuci. Dengan pendekatan pribadi seperti ini dapur pun akan lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

4. Pilih Kabinet dengan Pintu Geser

kabinet dapur pintu geser

Sumber: decoist

Dapur dengan luas terbatas sebaiknya memprioritaskan susunan kabinet yang paling ideal, baik dari segi posisi hingga ruang penyimpanan. Kabinet yang Anda pilih juga harus bisa terbuka sempurna dan tidak saling terbentur saat dibuka. Selain itu, letak kabinet yang tepat juga seharusnya tidak saling berjauhan. Anda tentu tidak mau ‘kan bersusah payah meraih peralatan masak karena letak kabinet yang terlalu jauh? Salah satu model desain kabinet yang bisa menjadi solusi adalah kabinet dengan pintu geser. Kabinet semacam ini tak membutuhkan ruang untuk membukanya. Anda pun bisa lebih mudah menemukan peralatan memasak yang dibutuhkan.

5. Buat Sistem Ventilasi yang Berkualitas

sistem ventilasi dapur sederhana

Sumber: kitchenaid

Ventilasi yang baik akan membantu menghilangkan masalah minyak yang menempel, kepulan asap saat memasak hingga bau yang dikeluarkan oleh masakan. Tanpa adanya desain ventilasi yang baik, semua masalah tadi bisa-bisa menempel pada badan, pakaian, hingga furniture di dapur Anda. Untuk itu, pilihlah ventilasi yang berkualitas, seperti misalnya hood penyedot asap dapur sesuai dengan kapasitas memasak Anda setiap hari.

6. Atur Penerangan yang Maksimal

dapur terang dengan pencahayaan alami

Sumber: mnn

Penerangan yang kurang baik akan membuat dapur sederhana Anda terlihat semakin sumpek dan sempit. Penerangan ini adalah fitur yang sangat penting untuk dapur karena persiapan memasak tentu membutuhkan ketelitian yang ekstra. Area yang perlu diperhatikan untuk penerangan antara lain area memasak, countertop atau area bekerja, area mencuci, serta area memanggang jika tersedia.

7. Gunakan Furniture Multifungsi

desain dapur dengan furniture multifungsi

Sumber: smallhousedecor

Area sempit tentu saja tidak pas jika ditambahkan dengan furniture berukuran besar dan bulky, karena akan membuat area semakin sempit. Nah, Anda harus cerdas dalam memilih furniture seperti memilih furniture yang bisa dilipat dan disimpan sesuai kebutuhan sehingga Anda bisa tetap leluasa saat melakukan aktivitas di area dapur.

Siapa bilang dapur sederhana nggak bisa punya desain yang kece? Dengan beberapa trik di atas, Anda bisa mendapatkan dapur yang fungsional, nyaman, sekaligus enak dilihat lho!

1 Comment

Post a Comment