fbpx

7 Cara Mengatasi Plafon Rumah yang Berukuran Rendah

7 Cara Mengatasi Plafon Rumah yang Berukuran Rendah

Membeli rumah siap huni sering kali membuat orang merasa kurang cocok karena kondisi rumah tersebut tidak dapat dibangun sesuai kebutuhan dan selera. Apakah Anda pernah mengalaminya? Salah satu masalah yang sering dialami banyak orang saat membeli rumah siap huni adalah plafon rumah berukuran rendah. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda sudah tahu tips dan triknya. Coba yuk lakukan beberapa cara berikut ini agar Anda sekeluarga lebih nyaman ketika harus tinggal di rumah dengan plafon rendah.

Mengecat Plafon dengan Warna-Warna Cerah

interior ruang minimalis putih

Sumber: Dezeen

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesan sumpek pada plafon rumah berukuran rendah adalah mengecat plafon dengan warna-warna cerah. Penggunaan warna-warna cerah dapat memberikan kesan terang sekaligus membuat ruangan seakan lebih luas. Selain warna putih, Anda bisa mengandalkan pilihan warna lainnya seperti kuning pucat atau biru langit. Hindari warna-warna gelap untuk plafon karena rentan membuat rumah terkesan semakin sempit.

Menambahkan Elemen Cermin pada Ruangan

cermin rumah besar

Sumber: Mercury News

Penempatan cermin selalu berhasil membuat suatu ruangan terkesan lebih luas. Itulah sebabnya cermin dapat diandalkan untuk menyiasati plafon rumah berukuran rendah yang biasanya terkesan sumpek. Tempatkan cermin berukuran besar pada bagian tengah ruangan. Tak hanya efektif memberikan kesan ruangan luas, pantulan cahaya dari cermin juga akan membuat ruangan semakin terang meskipun lampunya tidak sedang dinyalakan.

Mengurangi Penggunaan Aksesori pada Plafon

lampu gantung untuk plafon rumah rendah

Sumber: Freepik

Aksesori berupa lampu gantung atau hiasan lainnya yang diletakkan di plafon dapat membuat ruangan jadi semakin sumpek. Jadi, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan aksesori pada plafon, terutama aksesori yang berukuran besar. Sebagai gantinya, gunakanlah lampu yang modelnya minimalis dan berukuran kecil. Interior rumah bergaya minimalis yang minim aksesori adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah plafon rumah berukuran rendah.

Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam Ruangan

plafon rumah rendah dengan jendela besar

Sumber: Arch Daily

Pencahayaan alami yang maksimal dalam ruangan akan membuat interior rumah jadi lebih terang dan terkesan nyaman. Hal inilah yang patut jadi pertimbangan utama Anda untuk memaksimalkan fungsi jendela dalam ruangan yang berplafon rendah. Jika memungkinkan, tak ada salahnya bila Anda membuka jendela dari pagi hingga sore hari. Tak hanya membuat cahaya masuk ke dalam ruangan, kebiasaan ini juga dapat membuat rumah jadi lebih sehat karena sirkulasi udaranya berlangsung lancar.

Menggunakan Tirai Berukuran Panjang

foto gorden tirai minimalis

Sumber: DH Gate

Jangan ragu menggunakan tirai berukuran panjang untuk memperkuat kesan luas pada interior rumah. Bila memungkinkan, Anda juga bisa memilih tirai dengan motif berpola vertikal untuk menyamarkan posisi plafon yang rendah. Tirai-tirai berwarna cerah membuat ruangan jadi lebih menarik, terang, dan jauh dari kesan sumpek.

Mengandalkan Permukaan Lantai yang Mengilap

lantai keramik merah

Sumber: Home Decorating Help

Penggunaan keramik yang mengilap rupanya juga dapat diandalkan untuk menyiasati plafon rumah berukuran rendah. Alangkah lebih baik bila Anda memilih keramik lantai yang mengilap dan berwarna cerah karena keramik tersebut dapat memantulkan cahaya dalam ruangan secara maksimal. Sebaliknya, Anda wajib menghindari keramik berwarna gelap dengan tekstur kasar yang memperkuat nuansa gelap pada ruangan.

Mengutamakan Penggunaan Furniture Berbentuk Vertikal

kabinet laci kayu

Sumber: Ausgehen

Jika plafon rumah berukuran rendah, sebaiknya ruangan rumah diisi dengan furniture berbentuk vertikal. Anda dapat menggunakan meja berukuran tinggi, rak dinding vertikal, dan jenis furniture vertikal lainnya. Pastikan kalau furniture pilihan Anda tidak terlalu besar supaya tidak mengganggu ruang gerak Anda sekeluarga saat beraktivitas. Pemilihan furniture yang tepat juga akan membantu proses penyimpanan barang-barang supaya tidak berserakan dan mengganggu interior rumah.

Kesimpulannya, jangan putus asa dulu dengan kondisi plafon rumah yang tidak tinggi. Siasati kekurangan tersebut dengan cara tepat agar rumah tetap nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga.

No Comments

Post a Comment