fbpx

7 Tips Desain Kamar Tidur Sederhana yang Paling Nyaman

7 Tips Desain Kamar Tidur Sederhana yang Paling Nyaman

Ingin mengubah kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman? Sebagai tempat beristirahat, tentu Anda ingin membuat kamar tidur yang bisa membuat Anda rileks dan betah berada di dalamnya. Akibat alasan ini banyak orang yang kemudian memenuhi kamar tidurnya dengan berbagai furniture yang kurang tepat guna. Padahal, desain kamar tidur yang sederhana saja sudah cukup lho membuat Anda nyaman.

Utamakan fungsionalitas ruangan agar Anda bisa memaksimalkan setiap sudut ruang yang ada. Tentukan gaya desain kamar tidur seperti apa yang paling Anda sukai dan ciptakan ruang istirahat yang praktis namun tetap cantik. Penasaran bagaimana cara membuat desain kamar tidur secara sederhana untuk hasil memuaskan? Yuk, simak!

1. Tidak Perlu Menambahkan Banyak Dekorasi

desain kamar tidur sederhana

Sumber: elledecor

Coba pikirkan kembali interior dan furniture apa yang memang Anda butuhkan pada kamar tidur. Dengan meletakkan furniture secukupnya, Anda pun bisa memaksimalkan area kamar tidur sebagai tempat relaksasi maksimal tanpa rasa sesak. Sebelum mendesain, bayangkan apa saja aktivitas yang akan Anda lakukan di dalam kamar tidur. Kemudian, kurasi furniture sesuai kebutuhkan. Misalnya, apakah Anda memerlukan meja kerja, rak TV, rak buku, atau meja rias? Furniture yang dipilih harus sesuai dengan kebiasaan Anda sehari-hari di dalam kamar.

2. Buat Lemari atau Rak Tanam

desain kamar tidur sederhana lemari atau rak tanam

Sumber: shootandsellapp

Rak atau lemari penyimpanan yang menempel ke dinding atau langit-langit ruangan merupakan solusi paling pas untuk membuat ruangan Anda tetap efisien. Apalagi untuk Anda yang memiliki luas ruangan terbatas, solusi penyimpanan ini akan sangat menghemat ruang gerak di dalam kamar tidur. Selain itu, rak tanam juga memanfaatkan ruang kosong pada dinding sehingga ruangan terkesan lebih lapang dan tetap fungsional.

3. Pisahkan antara Kamar Tidur dan Ruang Ganti Pakaian

Pisahkan antara desain kamar tidur sederhana dan ruang ganti pakaian

Sumber: tokopedia

Salah satu siasat untuk membuat kamar terkesan lapang dan tidak sumpek adalah dengan memisahkan antara kamar tidur dan ruang ganti pakaian. Anda bisa membuat walk-in-closet sederhana di kamar tidur. Tak hanya memberikan ruang lebih pada kamar tidur, cara ini juga bisa memudahkan Anda di saat harus bersih-bersih rumah. Ruang yang dibutuhkan pun tidak harus besar, Anda bisa memisahkan sedikit sudut kamar tidur Anda dengan partisi untuk membagi kedua area ini.

4. Standing Clothes Rack

rak baju standing

Sumber: decoratex

Apabila tidak memungkinkan untuk membagi ruangan untuk kamar tidur dan ruang ganti, Anda bisa mengganti lemari baju dengan standing clothes rack. Tak hanya bisa menghemat ruang kamar, rak baju yang terbuka ini pun bisa membuat pakaian mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga meminimalisasi melekatnya jamur pada pakaian Anda. Agar debu tidak mudah menempel, tambahkan tirai sebagai penutup agar pakaian bebas debu.

5. Gunakan Warna Cerah

Kamar berwarna cerah

Sumber: trenduhome

Berdasarkan penelitian, warna cerah yang diaplikasikan pada kamar tidur, terutama pada dinding dapat menambah dimensi ruang yang sempit menjadi terlihat semakin luas. Nah pada kamar tidur sederhana, Anda pun sebaiknya menggunakan warna-warna yang cerah agar ruangan tidak terlihat sumpek dan nyaman. Sesuaikan warna dengan selera dan personality Anda. Jangan lupa, untuk memilih furniture dengan warna senada agar tampilan keseluruhan ruang tetap serasi.

6. Padukan Dua Warna Berbeda

Dekorasi kamar dengan dua warna beda

Sumber: pinterest

Anda juga bisa memberikan aksen menarik pada kamar tidur sederhana dengan memadukan dua warna cat yang berbeda pada kamar. Aplikasi warna two-tone pada kamar mampu menghadirkan suasana baru dengan sentuhan personal yang manis. Dinding dengan warna yang berbeda pada kamar pun bisa menjadi headboard sekaligus dinding utama di kamar tidur Anda.

7. Lebih Hangat dengan Karpet

desain interior kamar tidur dengan karpet

Sumber: pinterest

Tak perlu menambahkan terlalu banyak aksesoris pada kamar tidur sederhana. Salah satu cara dekor yang tidak pernah gagal dan selalu bisa membuat kamar lebih hangat dan nyaman adalah dengan menambahkan karpet pada kamar tidur. Penambahan karpet pada kamar akan memberikan kesan yang lebih hangat, hidup, dan nyaman. Bentuk dan motif karpet pun beragam sehingga dapat Anda sesuaikan dengan selera dan tema kamar tidur.

Mudah kan membuat desain sederhana untuk kamar tidur Anda agar lebih menarik dan cantik? Dari seluruh ide di atas, ide mana yang paling sesuai dengan selera Anda?

1 Comment

Post a Comment