fbpx

Mengenal Definisi dan Karakter Rumah Cluster Modern

Mengenal Definisi dan Karakter Rumah Cluster Modern

Memilih hunian pribadi memang tak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus mengenali tipe-tipe rumah agar bisa menentukan pilihan yang tepat. Salah satu yang bisa menjadi opsi Anda adalah rumah cluster. Lantas, apa sih definisi ataupun ciri-ciri dari rumah cluster?

Mayoritas orang tidak mengenali karakteristik rumah cluster yang ternyata berbeda dengan jenis perumahan lainnya. Ulasan berikut ini akan membantu Anda mengenali ciri-ciri rumah cluster sebelum memutuskan untuk membeli.

Definisi Rumah Cluster

ciri rumah cluster

Sumber: Agoda

Rumah cluster dapat didefinisikan sebagai rumah yang dibangun secara berkelompok pada sebidang tanah yang luas. Kini, banyak ukuran rumah cluster yang tidak terlalu besar karena cluster dibangun untuk menyiasati keterbatasan lahan tempat tinggal. Biasanya rumah-rumah yang dibangun berdekatan dengan area terbuka yang besar menggunakan lahan yang berdekatan.

Karakter Rumah Cluster

Setelah mengetahui definisi singkat rumah cluster, lantas apa saja yang menjadi karakter atau ciri utama dari perumahan jenis ini? Ternyata ada banyak kelebihan pada area maupun desain rumah cluster sendiri. Simak di bawah ini yuk!

Rumah tanpa Pagar

rumah cluster tanpa pagar

Sumber: Safiya Kumar

Salah satu ciri khas yang membedakan karakter rumah cluster dengan jenis rumah lainnya adalah bangunan rumah yang tanpa pagar. Bagian teras rumah cluster terbuka begitu saja dan langsung menghadap ke arah jalanan. Ciri khas yang unik ini membuat sistem keamanan perumahan cluster harus benar-benar diperhatikan dengan cermat. Rumah tanpa pagar yang tidak dilengkapi dengan sistem pengamanan yang ketat berisiko menjadi korban kriminalitas.

Jumlah Unit Tergantung Area

perumahan modern

Sumber: Sunway Properti

Perumahan cluster berukuran besar biasanya terdiri dari ratusan rumah. Namun, ada pula cluster yang lebih eksklusif karena terdiri dari puluhan rumah saja. Semakin sedikit jumlah hunian di perumahan cluster, maka semakin mudah pula proses pengamanan yang dilakukan. Selain itu, juga rumah cluster yang sedikit juga akan meningkatkan sisi eksklusivitasnya. Terutama bila rumah cluster Anda terletak di kawasan yang strategis dan mudah dijangkau.

Konsep Pengamanan Berupa One Gate System

komplek perumahan

Sumber: Info Perumahan Bandung

Untuk mempermudah proses pengamanannya, biasanya rumah cluster dilengkapi dengan one gate system. Karakteristik rumah cluster ini membuat aktivitas lalu lintas keluar masuk perumahan berpusat pada satu pintu saja. Pintu tersebut akan dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam penuh untuk meminimalkan risiko kriminalitas. Meskipun sistem ini membuat Anda harus menyiapkan iuran keamanan dalam jumlah besar, tetapi jumlah tersebut pasti sebanding dengan tingkat keamanan yang Anda dapatkan.

Bangunannya Mengusung Konsep Minimalis

desain model rumah minimalis

Sumber: Mansion Global

Karakteristik rumah cluster lainnya yang membedakan dengan perumahan biasa adalah konsep minimalis. Puluhan hingga ratusan rumah cluster akan didesain seragam sesuai dengan konsep yang sudah diatur pengembang properti. Bangunan rumah cluster biasanya dibangun dengan konsep minimalis supaya terkesan simpel dan lebih luas. Ukuran rumah yang mungil tak akan jadi masalah bila Anda bisa menatanya secara apik.

Dilengkapi Fasilitas Umum

troli supermarket

Sumber: INews

Biasanya perumahan cluster dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan para penghuni rumah. Semakin lengkap fasilitas umum di perumahan cluster, biasanya semakin mahal pula harga rumah di kompleks tersebut. Ini tentu akan mempermudah aktivitas Anda dan keluarga. Namun, sebaiknya Anda menyiapkan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena letak fasilitas umum sering kali agak jauh dari rumah itu sendiri.

Prosedur Renovasi yang Mudah

ilustrasi renovasi rumah cluster

Sumber: Early Experts

Walaupun dibangun dengan bentuk yang seragam, sebenarnya Anda bebas merenovasi rumah cluster sesuai kebutuhan dan selera. Terutama bila Anda sudah menempati rumah tersebut dalam waktu lama. Kebijakan perumahan cluster ini berbeda dengan town house yang melarang Anda melakukan renovasi besar untuk mengubah bentuk, terutama pada bagian eksterior rumah.

Setelah menyimak ulasan karakteristik rumah cluster ini, apakah Anda semakin yakin memilihnya sebagai hunian pribadi? Apa pun konsep rumah pilihan Anda, pastikan kalau rumah tersebut benar-benar nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga.

No Comments

Post a Comment