fbpx

Corten Steel: Baja Artistik yang Sengaja Dibiarkan Berkarat

Desain Rumah Modern dengan Baja Corten Steel

Corten Steel: Baja Artistik yang Sengaja Dibiarkan Berkarat

Istilah corten steel atau baja corten memang masih asing secara umum di Indonesia. Namun, sebenarnya sudah banyak yang memanfaatkan material tersebut untuk kebutuhan rumah maupun tujuan lainnya. Tampilannya yang artistik membuat jenis baja ini semakin populer dan digemari.

Corten steel bukanlah baja berkarat biasa yang usang dan berdaya tahan rendah. Alangkah lebih baik bila Anda mengenal material tersebut secara rinci sebelum menggunakannya untuk mendesain hunian Anda.

Asal-Usul Si “Baja Berkarat”

baja corten

Sumber: Henderson Garden Supply

Corten Steel yang juga dikenal dengan istilah populer weathering steel pertama kali digunakan oleh seorang arsitek Amerika Serikat bernama Eero Saarinen. Eero menggunakan material unik tersebut untuk membangun John Deere World di Illnois, Amerika Serikat, yang selesai pada tahun 1964. Akhirnya, John Deere World menjadi salah satu pelopor penggunaan weathering steel yang kemudian populer di seluruh penjuru dunia. Nama corten sendiri berasal dari perpaduan kata corrosion (korosi atau karat) dan tensile strength (kekuatan tekanan).

Mengenal Jenis-Jenis Plat Corten Steel

besi berkarat

Sumber: Triton Alloy Sinc

Baja yang sengaja dibiarkan berkarat ini terdiri dari campuran karbon dengan unsur-unsur tembaga, nikel, mangan, kromium, dan unsur-unsur lainnya. Selanjutnya, baja sengaja dibiarkan berkarat agar karat tersebut berfungsi sebagai lapisan pelindung pada permukaannya. Dalam proses pembentukan lapisan pelindung, baja akan mengalami perubahan warna selama beberapa tahun. Nantinya, lapisan pelindung itulah yang akan memperkuat daya tahan baja terhadap pengaruh cuaca.

Ada dua jenis corten steel yang beredar di pasaran, yaitu corten A dan corten B. Corten A memiliki tekstur lebih tipis sehingga fungsi utamanya condong ke arah estetika dan tidak tepat untuk bantalan beban berat. Sekarang, corten A juga banyak digunakan untuk pintu dan pagar rumah karena tampilannya sangat kental dengan nuansa industrial. Sedangkan corten B yang lebih tebal biasanya digunakan untuk container, cerobong asap, dan konstruksi kereta api.

Kelebihan Corten Steel

desain fasad rumah

Sumber: Corten

Beberapa keunggulan berikut ini membuat penggunaan corten steel semakin digandrungi oleh masyarakat:

  • Tampilannya sangat eye-catching dan identik dengan gaya industrial.
  • Efektif menghemat waktu dan biaya karena tidak membutuhkan proses finishing.
  • Proses perawatannya relatif mudah dan hanya membutuhkan pembersihan secara teratur.
  • Biaya perawatannya juga lebih hemat karena tidak perlu proses finishing ulang.
  • Cocok digunakan di negara tropis karena sinar matahari dan curah hujan tinggi dapat mempercepat laju korosi.

Kekurangan Corten Steel

baja corten untuk rumah minimalis

Sumber: Homedit

Meskipun memiliki banyak kelebihan, baja corten juga punya beberapa kekurangan yang patut menjadi bahan pertimbangan Anda:

  • Penggunaan baja berkarat ini kurang cocok untuk daerah beriklim subtropis karena materialnya rentan rapuh bila terkena kelembapan udara yang tinggi.
  • Penumpukan titik-titik air di bagian tertentu akan membuat laju korosi tidak merata pada seluruh permukaan baja.
  • Laju korosi yang tidak merata justru membuat hasil akhir corten steel jadi tampak kusam dan kurang menarik.
  • Noda karat bisa menyebar pada bagian-bagian lain di sekitar permukaan baja, misalnya tembok. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan perawatan pada material di sekitar baja supaya tidak kotor oleh noda karat.

Cara Membersihkan dan Merawat

taman rumah dengan baja corten

Sumber: Corten Steel

Ada dua hal yang patut Anda lakukan untuk merawat material baja corten, yaitu:

  • Membersihkan permukaan baja yang sudah berkarat dengan sikat untuk menyingkirkan serbuk-serbuk karat pada permukaannya.
  • Memastikan bahwa material baja berkarat tersebut terletak di luar rumah agar lebih cepat kering setelah terkena air hujan. Karena baja yang terlalu lama terkena air akan membuat laju korosi jadi tak merata serta menimbulkan bercak-bercak pada permukaannya.

Jika bosan dengan material bangunan yang biasa, penggunaan corten steel dapat menjadi alternatif yang menarik. Rumah Anda akan tampak lebih artistik meskipun proses pembangunannya tidak menggunakan biaya fantastis.

No Comments

Post a Comment